» Home » Artikel » Makanan - makanan yang dilarang bagi penderita tifus

Makanan - makanan yang dilarang bagi penderita tifus

Hai Sahabat Klinik Indrajana. Anda pernah mengalami sakit tifus? Berikut adalah makanan-makanan yang terlarang bagi penderita tifus, di antaranya adalah makanan pedas, makanan berlemak, kopi, serta minuman bersoda. Mengapa terlarang? Ini dia alasannya :

* Makanan pedas di dalam perut yang normal akan membuat organ-organ pencernaan panas. Luka di dalam usus akibat bakteri Salmonella typhi selama tifus jika diberi makanan pedas akan mengalami pembengkakan dan mungkin pendarahan. Nah, jika sudah begini, kesembuhan penyakit tifus yang diderita akan semakin lama. Bahkan paling parah, ini dapat berujung kepada kematian penderita.

* Makanan berlemak dicerna tubuh lebih lama daripada makanan berkarbohidrat. Hal ini karena ikatan kimia lemak yang lebih kompleks dan juga karena pencernaan lemak baru terjadi di dalam usus. Bukan di mulut atau di lambung seperti layaknya karbohidrat. Jika penderita tifus mengonsumsi makanan berlemak, ususnya yang justru sedang ‘bermasalah’ dipaksa untuk ‘bekerja keras’. Bukan hal mustahil, ini bisa menyebabkan pendarahan usus. Jika sudah begini kesembuhan penyakit juga akan lama dan mungkin dapat bertambah parah.

* Di dalam perut kopi bisa memicu naiknya tingkat keasaman lambung. Jika penderita tifus mengonsumsi kopi, bisa Anda bayangkan seperti apa jadinya? Ya, usus yang sedang luka diberi asam maka sudah pasti lapisan-lapisan mukosa usus bisa tergerus dan akhirnya terjadi pendarahan. Lagi-lagi, ini bisa berujung kematian, so please becareful.

* Hal yang sama juga terjadi pada minuman bersoda. Karbonasi soda di dalam perut bisa menyebabkan naiknya kadar keasaman lambung. Efeknya akan sama seperti mengkonsumsi kopi.

Demikian share dari kami, mari kita infokan hal ini jika ada saudara atau rekan yang mengalami sakit tifus ya, jangan sampai informasi ini berhenti di kamu. Salam Sehat Selalu.