Klinik Diabetes, Endokrin dan Metabolik

Kurangi Risiko Diabetes Melitus, Kenali Sebelum Terlambat!

Gejala Diabetes jangan dianggap sepele!

Waspada ya apabila menemukan gejala-gejala diabetes! Karena jika kita abai dan tidak memperhatikannya maka bisa jadi akan terjadi penyesalan di kemudian hari.

Beberapa faktor-faktor risiko diabetes yang umumnya ditemukan antara lain, faktor usia, faktor keturunan, berat badan berlebih (kegemukan), faktor darah tinggi, kolesterol, dan juga pada wanita hamil yang gula darahnya tiba-tiba meningkat.

Jika faktor resiko tidak teratasi, maka ketika terjadi komplikasi akan membuat pengobatan menjadi mahal dan sulit mendapatkan obat yang paling baik untuk pasien.

Komplikasi diabetes efeknya sangat buruk

Komplikasi yang berpengaruh kepada pembuluh darah besar dapat membuat pasien diabetes terkena stroke, penyakit jantung dan membuat kualitas hidup tidak baik. Gula darah yang tinggi akan merusak pembuluh darah serta organ-organ tubuh lainnya. Sedangkan komplikasi yang berpengaruh kepada pembuluh darah kecil, dapat menyebabkan kebutaan pada mata, kerusakan pada ginjal yang akan beresiko cuci darah, serta dapat mengakibatkan kaki diamputasi apabila mengenai pembuluh darah yang terdapat pada kaki.

Fakta mengenai Diabetes Melitus berdasarkan tipe yang ada

Diabetes tipe 1 ditandai dengan gula darah yang naik secara tiba-tiba dikarenakan pankreas mengalami kerusakan total. Hal ini memerlukan insulin sebagai pengobatan karena tanpa insulin dapat berisiko nyawa tidak dapat diselamatkan.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh pola makan yang buruk (seperti makan terlalu banyak) dan kurangnya berolahraga sehingga energi menumpuk dibadan. Karena insulin harus terus dikeluarkan oleh pankreas, maka pankreas terlalu keras bekeja dan akhirnya kelelahan. Hal ini menyebabkan pankreas sulit menghasilkan insulin kembali.

Diabetes tipe 3 adalah tipe diabetes yang lebih sulit untuk didiagnosa dan ditemukan. Untuk mendiagnosa diabetes tipe ini, diperlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis secara lebih seksama.

Diabetes tipe 4 dapat ditemukan pada wanita berusia muda yang ketika menjalani masa kehamilan, gula darahnya naik namun setelah proses kelahiran anaknya, gula darahnya dapat normal kembali.

Jadi apa saja pencegahan yang dapat dilakukan?

Untuk pencegahan, yang pertama adalah kenali faktor resikonya. Jika sudah mengalami hal tersebut, lakukan konsultasi kepada dokter agar dapat ditemukan gejala awalnya sejak dini sehingga dapat diberikan solusi untuk pencegahan penyakit Diabetes.

Hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani pemeriksaan gula darah agar dapat mendeteksi tingkat gula darah pada tubuh.

Pencegahan lainnya juga dapat dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat, mengatur pola makan, mengubah gaya hidup, rajin berolahraga, mengurangi karbohidrat dan mengurangi cemilan.

Kurangi Risiko Diabetes Melitus Kenali Sebelum Terlambat
Blood sugar photo created by xb100 - www.freepik.com

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Klinik Utama DR. Indrajana
Jl. Tanah Abang III No. 18 A
Jakarta Pusat
(021) 3841919, 3803558, 3503033
WA : 08161447119

Informasi : Klinik Diabetes, Endokrin dan Metabolik

Informasi jadwal dokter : Jadwal Dokter

Sumber : Dikumpulkan dari berbagai sumber. (ed)

Baca artikel kesehatan lainnya tentang Diabetes, Endokrin dan Metabolik

Mulai pendaftaran dan konsultasi

Kami mengutamakan kenyamanan pasien dan profesionalitas team medis dalam setiap pelayanan yang kami berikan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang operasi, laboratorium, radiologi dan lainnya menjadikan Klinik Utama DR. Indrajana sebagai pilihan tepat solusi kesehatan Anda.

Informasi? Chat Kami!
Hubungi Kami

Jam pelayanan Customer Service dan Whatsapp yaitu pada hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu (08.00-16.00) dan Rabu (08.00-18.00)

Customer Service Klinik Utama DR. Indrajana

Klik disini untuk telepon Customer Service!

021-3841919

Customer Service Klinik Utama DR. Indrajana

Klik disini untuk mengirim Whatsapp!

0816-1447-119

Official Media Partner

CV. Klinik Dr. Indrajana
Jl. Tanah Abang III No. 18-A